cara mengatasi ruam pada kulit

Cara Mengatasi Ruam pada Kulit dengan Garam

Garam memang identik dengan bumbu masakan untuk membuat makanan menjadi lebih lezat dan nikmat. Namun, tidak hanya itu saja, garam juga bisa digunakan untuk meredakan masalah kulit. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi ruam pada kulit menggunakan garam? 

Kandungan mineral dan zat anti-inflamasi, serta antibakteri di dalam garam dipercaya dapat membantu mengurangi gatal dan ruam pada kulit. Untuk mengetahui jenis garam dan cara mengatasi ruam menggunakan garam, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Jenis-jenis Garam

Garam mengandung 2 unsur mineral yaitu natrium (Na) dan klorin (Cl) yang sangat diperlukan tubuh untuk membantu kinerja otak dan saraf. Ada beberapa jenis garam dengan kandungan dan kegunaannya masing-masing antara lain sebagai berikut ini.

  • Garam Laut

Garam laut atau sea salt merupakan salah satu jenis garam yang dibuat melalui proses menguapkan air laut dengan tekstur kasar. Garam ini memiliki kandungan natrium klorida (NaCl) yang tinggi. Meski begitu, kandungan NaCl dalam garam laut ini tergantung sumber dan proses pembuatannya. 

Beberapa garam laut ini juga mengandung mineral seperti besi, seng, dan potasium. Semakin gelap warna garam laut, maka semakin tinggi pula kandungan kotoran dan jejak nutrisinya. Tidak hanya itu saja, garam laut yang berwarna gelap bisa juga mengandung sejumlah logam berat seperti timah. 

Garam jenis ini juga memiliki kandungan mikroplastik atau sisa-sisa plastik mikroskopis. Implikasi kesehatan dari mikroplastik yang terkandung di dalam makanan ini memang masih belum jelas, namun bisa saja zat tersebut akan menimbulkan risiko kesehatan.

  • Garam Meja

Garam meja atau garam halus merupakan salah satu jenis garam yang paling banyak digunakan untuk keperluan memasak. Garam satu ini memiliki tekstur yang halus karena dalam pembuatannya melalui proses penggilingan agar sebagian besar kotorannya ikut terbuang. 

Garam ini biasanya dicampurkan dengan agen anti-caking agar tidak menggumpal. Garam jenis ini memiliki kandungan natrium klorida (NaCl) sebanyak 97% bahkan bisa lebih tinggi. Beberapa negara juga memproduksi garam meja dengan tambahan yodium. 

  • Garam Himalaya

Garam himalaya atau pink salt himalaya merupakan salah satu jenis garam yang diproduksi di tambang garam Khewra, Pakistan. Tambang garam terbesar kedua di dunia ini memproduksi garam yang mengandung sejumlah besi oksida atau karat sehingga butirannya berwarna merah muda. 

Garam ini juga memiliki kandungan mineral yang tidak terlalu banyak seperti kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi. Dibandingkan dengan garam laut dan garam meja, garam Himalaya ini memiliki kandungan natrium yang lebih rendah. 

  • Garam Celtic

Garam celtic merupakan jenis garam yang memiliki warna keabu-abuan dengan sedikit air sehingga terlihat cukup lembap. Menariknya lagi, garam jenis ini memiliki sejumlah kandungan mineral yang lebih banyak dan natrium yang lebih rendah dibandingkan garam meja pada umumnya.

  • Garam Kosher

Garam kosher memiliki tekstur yang lebih kasar dan berbentuk serpihan. Jenis garam satu ini cenderung memiliki kandungan adiktif seperti yodium dan agen anti-caking sehingga tidak mudah menggumpal. Garam ini memiliki rasa sama seperti garam meja, namun terasa lebih ringan. 

Cara Mengatasi Ruam pada Kulit dengan Garam

Ruam kulit merupakan kondisi di mana kulit mengalami bercak kemerahan, luka lepuh, atau bintil akibat peradangan atau iritasi. Ruam pada kulit bisa disebabkan karena reaksi alergi, penyakit, gigitan serangga, atau efek samping dari penggunaan obat atau produk perawatan kulit. 

Ruam pada kulit ini bisa diatasi dengan garam karena adanya kandungan magnesium sulfat yang bisa mengobati rasa gatal. Garam juga mengandung zat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan. 

Cara mengatasi ruam pada kulit dengan garam sangatlah mudah. Anda bisa mencampurkan garam dengan secangkir air panas, kemudian dinginkan ke dalam kulkas. Jika sudah dingin, aplikasikan larutan garam tersebut pada area kulit yang gatal dan diamkan sekitar 30 menit agar meresap.

Manfaat Garam untuk Tubuh

Selain bisa membantu mengatasi ruam pada kulit, garam juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan karena adanya kandungan mineral yang tinggi. Berikut ini beberapa manfaat garam untuk kesehatan tubuh. 

  • Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat dari garam yaitu dapat membantu mencerahkan kulit secara alami, membersihkan kotoran yang menempel pada kulit, dan mengembalikan sel-sel kulit. Garam laut memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga membantu merevitalisasi sel-sel kulit. 

Tidak hanya itu saja, garam juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit, mencegah kulit kusam, meredakan iritasi, dan membantu regenerasi sel kulit. Kandungan zat anti-inflamasi pada garam juga membantu kulit terasa lebih sejuk. 

Cara mencerahkan kulit menggunakan garam sangat mudah. Anda bisa membuat pasta garam dengan perbandingan garam dan air sebanyak 2:1. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan pasta garam ke wajah dan diamkan selama 30 detik, kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

Karena memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi, jangan gunakan pasta garam dalam waktu lama. Penggunaan masker pasta garam yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar.

  • Mengobati Jamur Kulit

Selain bisa mencerahkan kulit, garam memiliki kandungan zat antibakteri yang bisa membantu mengobati dan menyingkirkan jamur pada kulit secara permanen. Cara mengatasi jamur menggunakan garam sangatlah mudah. 

Anda bisa mencampurkan garam dan ½ cangkir baking soda ke dalam air untuk digunakan mandi. Siram larutan garam dan baking soda tersebut ke area kulit yang tumbuh jamur. Gunakan larutan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal. 

  • Mengatasi Infeksi Kulit

Infeksi yang terjadi pada kulit dapat dipicu oleh beberapa hal. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan garam. Garam mengandung zat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengatasi masalah infeksi pada kulit. 

Anda bisa menambahkan 2 sendok teh garam meja ke dalam air hangat. Gunakan kain yang bersih untuk mengusap area kulit yang terinfeksi. 

  • Membersihkan Kulit

Selain membantu mencerahkan kulit, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit, pori-pori, dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Anda bisa mencampurkan sedikit garam ke dalam air hangat dan jadikan larutan garam tersebut sebagai face mist

  • Menghaluskan Kulit

Garam bisa digunakan untuk menyingkirkan kulit mati sehingga kulit menjadi lebih lembut dan halus. Anda bisa mencampurkan ¼ sendok makan garam dan ½ sendok minyak kelapa atau zaitun. Gosokkan pasta garam pada wajah secara perlahan dan usap secara lembut.

  • Scrub Wajah

Dibandingkan dengan gula, garam ternyata bisa menjadi scrub alami yang jauh lebih baik. Kandungan mineral di dalam garam dapat membantu mengurangi sel kulit mati dan membuat kulit lebih segar. Campurkan ½ cangkir garam dengan ¼ sendok perasan lidah buaya. 

Anda juga bisa menambahkan minyak esensial pada pasta garam, kemudian aplikasikan pada wajah. Putar scrub secara melingkar dan perlahan untuk menyingkirkan kulit mati pada wajah. 

  • Relaksasi

Garam juga bisa membantu tubuh lebih rileks dan tenang, serta mengurangi stres. Campurkan 1/3 cangkir garam ke dalam air hangat dan gunakan untuk mandi. Larutan air garam yang hangat ini akan membantu merelaksasi kulit dan tubuh.

Cara mengatasi ruam pada kulit dengan garam di atas bisa Anda terapkan untuk mengurangi peradangan pada area kulit. Karena adanya kandungan anti-inflamasi dan antibakteri, garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X