Cara Membersihkan Saluran Bak Cuci Piring

Cara Membersihkan Saluran Bak Cuci Piring Menggunakan Garam

Garam memang identik dengan bumbu penyedap masakan. Tidak hanya itu saja, garam juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk membersihkan saluran bak cuci piring. Lalu, bagaimana cara membersihkan saluran bak cuci piring menggunakan garam?

Dikutip dari Homeguides SFGate, cara membersihkan saluran air bisa dilakukan dengan mencampurkan garam dengan soda kue, cuka, dan air panas. Untuk mengetahui cara membersihkannya dan manfaat garam bagi kehidupan sehari-hari, berikut ulasan selengkapnya. 

Cara Membersihkan Saluran Bak Cuci Piring Dengan Garam

Salah satu permasalahan dalam rumah yang sering terjadi yaitu tersumbatnya saluran air pada bak cuci piring alias wastafel. Penyebab saluran air tersumbat ini bisa disebabkan karena kotoran atau dipenuhi zat berminyak. 

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan garam. Untuk mengetahui cara membersihkan saluran bak cuci piring yang tersumbat menggunakan garam, berikut ini langkah-langkahnya. 

  • Cara Membersihkan Saluran Air Dengan Garam dan Air

Cara pertama untuk membersihkan saluran bak cuci piring yang tersumbat bisa dilakukan dengan campuran air dan garam. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan saluran air menggunakan garam dan air. 

  • Pertama, campurkan garam sebanyak ¼ cangkir ke dalam air sebanyak 8 cangkir atau bisa lakukan secara kelipatan sesuai rasio menggunakan panci besar. 
  • Setelah itu, panaskan larutan air garam tersebut hingga mendidih dan siramkan pada saluran bak cuci piring yang tersumbat. 
  • Cara Membersihkan Saluran Air Dengan Garam dan Baking Soda

Cara membersihkan saluran bak cuci piring menggunakan garam dan campuran baking soda juga terbukti ampuh dan efektif. Berikut ini langkah-langkah membersihkan saluran air pada bak cuci piring menggunakan kombinasi garam dan baking soda

  • Pertama, campurkan ½ cangkir garam dengan baking soda atau soda kue dan tambahkan sedikit air ke dalam saluran pembuangan.
  • Tutup bak cuci piring menggunakan sumbat saluran dan biarkan campuran bahan tersebut meresap selama beberapa jam atau semalaman. 
  • Siram saluran bak cuci piring menggunakan air panas.
  • Cara Membersihkan Saluran Air dengan Cuka dan Baking Soda

Selain menggunakan garam, Anda juga bisa menggunakan kombinasi cuka dan baking soda untuk membersihkan saluran bak cuci piring yang tersumbat. Soda kue yang bereaksi dengan cuka dapat membantu memecahkan asam lemak yang menumpuk.

  • Langkah pertama, Anda bisa mencampurkan ½ cangkir soda kue atau baking soda, lalu tuangkan ke dalam saluran air yang tersumbat. 
  • Untuk memudahkan proses penuangan campuran bahan, Anda bisa menggunakan corong. 
  • Pastikan bahwa sumbat pada wastafel sudah dilepaskan sebelum menambahkan baking soda. 
  • Setelah itu, Anda bisa menuangkan ½ cangkir cuka putih suling ke dalam saluran air bak cuci piring. Ketika kedua bahan ini tercampur, maka akan muncul gelembung gas.
  • Tunggu sekitar 30 menit, kemudian lepaskan sumbat saluran bak cuci piring dan bilas menggunakan air panas. 

Perlu diingat juga bahwa cuka tidak boleh digunakan untuk membersihkan saluran air yang tersumbat apabila sebelumnya sudah dibersihkan menggunakan produk pembersih kimiawi. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan reaksi cuka dan bahan kimia yang bisa menyebabkan gas beracun. 

Manfaat Garam untuk Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui cara membersihkan saluran bak cuci piring, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari garam untuk kehidupan sehari-hari.

  • Pembersih Noda

Garam bisa digunakan untuk membersihkan noda tumpahan minyak atau telur. Caranya sangat mudah yaitu cukup taburi area yang terkena noda menggunakan garam hingga tertutup sempurna dan bersihkan. 

Selain noda tumpahan minyak dan telur, Anda juga bisa menggunakan garam untuk membersihkan noda teh atau kopi yang melekat pada cangkir atau karaf anggur. Caranya cukup dengan menaburkan garam ke atas spons cuci piring dan usapkan dengan gerakan memutar hingga noda menghilang. 

Selain itu, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan kain yang terkena darah. Caranya cukup dengan merendam kain yang bernoda darah ke dalam air yang sudah diberi tambahan garam. Setelah itu, cuci bersih menggunakan deterjen sambil dikucek hingga noda darah menghilang. 

  • Pembersih Pipa

Campuran garam dan air panas juga bisa membantu membersihkan saluran pipa dari minyak yang menempel dan bau tidak sedap. Larutan garam ini juga akan membantu memperpanjang usia pipa sehingga lebih awet dan tidak cepat rusak. 

Meski begitu, cara satu ini tidak disarankan untuk sistem pembuangan air limbah kotor. Hal ini dikarenakan campuran garam dan air panas justru dapat membunuh bakteri baik yang memiliki peranan penting dalam menghancurkan zat-zat padat.

  • Pembersih Kaca Jendela dan Kaca Mobil

Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela dan kaca mobil dari embun. Cara membersihkan kaca jendela menggunakan garam juga sangat mudah. Anda bisa mencelupkan spons ke dalam larutan air garam dan usap perlahan hingga embun menghilang. 

Cara ini sangat efektif untuk mencegah pengembunan saat cuaca sedang dingin. Selain itu, Anda juga bisa bisa menggosokkan kain lap yang sudah dibasahi larutan garam pada kaca depan mobil untuk mencegah pengembunan. 

Pada negara 4 musim yang memiliki iklim dingin bersalju, cara satu ini bisa digunakan untuk mencegah terbentuknya es pada permukaan kaca. 

  • Bahan Poles

Garam yang dicampurkan dengan cuka hingga membentuk pasta bisa digunakan untuk memoles barang-barang yang terbuat dari tembaga dan perak agar lebih mengkilap. Anda bisa menggunakan sehelai kain untuk menggosokkan pasta garam ke permukaan barang, lalu bilas dengan air. 

  • Membersihkan Panci dan Periuk

Garam kasar bisa digunakan untuk membersihkan panci dan periuk dari lemak dan minyak yang menempel. Caranya cukup dengan menggosokkan spons pencuci piring yang sudah ditaburi garam kasar pada permukaan panci atau periuk hingga bersih.

  • Penghilang Bau pada Talenan

Talenan yang memiliki bau tidak sedap bisa menandakan adanya bakteri di permukaannya. Tidak hanya mengganggu, bau tidak sedap pada talenan juga akan memicu masalah kesehatan. Karena adanya zat antibakteri pada garam, Anda bisa membersihkan talenan menggunakan garam. 

  • Pembersih Setrika

Setrika besi yang sering digunakan untuk menggosok pakaian biasanya akan cepat kotor. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan plat setrika, Anda bisa membersihkannya menggunakan garam. 

Taburkan garam ke atas permukaan alas setrika, kemudian gosok menggunakan selembar kertas. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air, lalu bersihkan alas setrika menggunakan kain lembab. 

  • Mensterilkan Spons

Kandungan zat antibakteri pada garam dapat dimanfaatkan untuk mensterilkan spons pencuci piring. Dengan merendam spons ke dalam air yang sudah diberi tambahan garam kadar tinggi, maka akan membantu membunuh bakteri yang menempel pada permukaan dan pori-pori spons. 

Cara membersihkan saluran bak cuci piring menggunakan garam di atas bisa Anda terapkan agar saluran air yang tersumbat bisa kembali bersih. Tidak hanya itu saja, garam juga punya banyak manfaat lainnya seperti bahan poles, pembersih noda, mensterilkan spons, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X