manfaat mandi dengan air garam

6 Manfaat Mandi dengan Air Garam untuk Kesehatan

Mandi bukan hanya sekadar kegiatan membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat saja. Namun, mandi juga menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya mandi dengan air garam. Lalu, apa saja manfaat mandi dengan air garam

Dilansir dari laman Healthline, mandi dengan air garam laut memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan karena kandungan mineral utamanya yang masih lengkap. Untuk mengetahui sejarah dan manfaat mandi menggunakan air garam untuk kesehatan, berikut ulasan selengkapnya. 

Sejarah Garam dan Jalur Penyebarannya

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, garam sudah ada sejak ribuan tahun silam yaitu sekitar 6050 tahun sebelum masehi (SM). Pada zaman kuno, garam menjadi barang berharga yang memiliki nilai jual tinggi. Garam diperkirakan ditemukan pertama kalinya di danau Yungchen, Cina. 

Dilansir dari laman puraindonesia.com, masyarakat yang tinggal di sekitar danau biasanya akan memanen garam ketika musim kemarau. Garam-garam inilah yang kemudian dibawa ke berbagai negara di seluruh dunia oleh masyarakat Cina melalui jalur perdagangan. 

Namun, hingga 800 tahun SM, tidak ada lagi catatan jelas tentang sejarah garam. Sampai akhirnya, keberadaan garam mulai dituliskan lagi ketika zaman kerajaan Romawi Kuno. Bangsa Romawi menuliskan mengenai proses pembuatan geram dan negara yang dilalui jalur perdagangan garam. 

Berdasarkan catatan sejarahnya, Maroko Selatan yang melintasi Sahara menuju Timbuktu menjadi pusat perdagangan garam terbesar pada masa itu. Selain itu, ada juga jalur perdagangan garam lainnya yaitu Mesir ke Yunani yang melintasi Laut Aegea dan Laut Tengah. 

Di zaman kerajaan Romawi, garam dikenal juga dengan sebutan Sal atau Salubrious Crystal yang memiliki arti kristal yang menyehatkan. Pada zaman tersebut, garam ini disebut salary atau gaji karena digunakan untuk menggaji tentara Romawi.  

Melalui jalur perdagangan inilah, garam terus menyebar secara luas ke seluruh pelosok dunia. Garam juga mulai diproduksi oleh berbagai negara. 

Tidak hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan saja, garam juga memiliki manfaat lain seperti bahan pengawet makanan, kesehatan, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, garam juga bisa digunakan untuk mencairkan jalanan yang tertutup salju atau es di negara 4 musim.

Manfaat Mandi dengan Air Garam untuk Kesehatan

Setelah mengetahui sejarah garam secara singkat dan jalur penyebarannya, garam ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat mandi dengan air garam untuk kesehatan tubuh.

  • Mengatasi Permasalahan Kulit

Kandungan antibakteri pada garam dipercaya dapat membantu membersihkan kulit secara tuntas. Dilansir dari Healthline, dokter kulit dari Spring Street Dermatology merekomendasikan para pasiennya yang memiliki masalah kulit kering dan bersisik untuk mandi dengan air garam. 

Larutan air garam ini terbukti mampu menghidrasi kulit dengan maksimal. Tidak hanya itu saja, garam juga mengandung zat anti-inflamasi yang dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan iritasi yang diakibatkan oleh jerawat atau luka lainnya yang ada di permukaan kulit. 

Bagi masyarakat tradisional, mandi menggunakan air garam dipercaya ampuh mengatasi gatal pada kulit akibat alergi dan biduran. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral yang cukup lengkap di dalam garam sehingga mampu mengatasi masalah alergi pada kulit. 

Selain itu, kandungan mineral di dalam garam juga dapat membantu kulit menjadi lebih lembut, sehat, dan lembab. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan larutan air garam himalaya yang lebih banyak mengandung mineral sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Anda juga bisa menggunakan campuran air hangat dengan garam yang sudah diberi campuran perasan jeruk untuk membantu mengatasi masalah kulit kering dan iritasi.

  • Meredakan Nyeri Sendi dan Otot yang Tegang

Selain membantu mengatasi permasalahan kulit, mandi dengan air garam juga bisa membantu mengatasi otot yang tegang, kelelahan fisik, badan pegal-pegal, dan stres. Untuk membantu merilekskan badan, Anda bisa mandi menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. 

Zat bromide yang terkandung di dalam garam dipercaya mampu mengurangi nyeri pada sendi dan mengatasi otot yang tegang. Tidak hanya itu saja, garam juga mampu melancarkan sirkulasi otot sehingga dapat digunakan untuk mengobati anggota badan yang kaku akibat kram. 

Apabila Anda mengalami otot tegang yang luar biasa, Anda bisa mencoba untuk berendam menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam selama kurang lebih 10 menit. Anda juga bisa memijat bagian yang kaku. 

  • Mengobati Rematik dan Kaku pada Persendian

Manfaat mandi dengan air garam selanjutnya yaitu dapat membantu mengobati rematik dan mengurangi kaku pada persendian. Air hangat yang diberi tambahan garam dapat dijadikan sebagai bahan terapeutik untuk membantu mengatasi masalah otot dan persendian. 

Berdasarkan tinjauan sistematis di dalam jurnal Seminars in Arthritis and Rheumatisms, mandi air garam dapat membantu mengobati rematik, termasuk radang sendi psoriasis, osteoarthritis pada lutut, arthritis rheumatoid, dan spondilitis ankilosis.

  • Mengatasi Insomnia

Selain mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi, garam juga mengandung magnesium yang tinggi terutama pada garam jenis epsom. Kandungan magnesium di dalam garam ini dipercaya dapat merangsang seseorang untuk segera tidur sehingga cocok untuk penderita insomnia. 

Kandungan magnesium di dalam garam dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon melatonin yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, kandungan magnesium pada garam yang larut bersama air hangat akan lebih mudah diserap oleh kulit sehingga tubuh menjadi lebih rileks. 

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur atau kesulitan tidur nyenyak, Anda bisa mencoba manfaat mandi dengan air garam. Anda cukup menyiapkan air hangat yang sudah dicampur dengan garam secukupnya untuk digunakan mandi setidaknya 1 jam sebelum tidur. 

  • Mendetoksifikasi Racun di Dalam Tubuh

Pernahkah Anda mendengar istilah mandi detoks? Mandi detoks pada umumnya digunakan untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Mandi detoks ini biasanya menggunakan garam jenis epsom atau dikenal juga dengan sebutan garam inggris. 

Kandungan mineral yang terdapat pada garam tersebut dipercaya mampu membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh, mengatasi masalah sembelit, dan menurunkan berat badan. 

Cara mendetoksifikasi racun ini dapat dilakukan dengan melarutkan garam epsom ke dalam air hangat secukupnya atau sesuai dosis yang dianjurkan. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk berendam sekitar 15 menit sampai 30 menit. 

  • Menghilangkan Energi Negatif

Manfaat mandi dengan air garam selanjutnya yaitu dapat menghilangkan energi negatif di dalam tubuh. Menurut spiritual, mandi menggunakan air garam dapat membantu tubuh untuk lebih siap menerima kekuatan-kekuatan dalam ilmu yang dipelajari. 

Jika ditinjau dari ilmu medis dan kesehatan, hal ini sebenarnya berkaitan dengan manfaat positif dari air garam. Dilansir dari Gaia, mandi dengan air garam bermanfaat untuk mengurangi energi negatif, bahkan membantu mengurangi kelelahan fisik, pikiran, maupun mental. 

Ion positif yang terkandung di dalam garam dapat membantu merilekskan tubuh, meredakan stres, dan tekanan-tekanan dari lingkungan. 

Dengan mengetahui sejarah dan penyebarannya, Anda tentunya makin paham jika garam memang sudah ada sejak zaman dahulu. Manfaat mandi dengan air garam juga sangat banyak mulai dari mengatasi masalah kulit, insomnia, hingga menghilangkan energi negatif dalam tubuh. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X