manfaat-mesin-pengemas-garam

Bagaimana Mesin Pengemas Garam Menghemat Waktu dan Biaya Pengemasan?

Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan pasar, maka produsen garam berlomba-lomba menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Tak hanya itu, kuantitas produksi pun selalu ditambah dengan menggunakan manfaat mesin pengemas garam.

Jika dulu garam dikemas dengan cara yang tradisional menggunakan plastik kemudian direkatkan secara manual. Saat ini sudah banyak pabrik yang memproduksi mesin untuk packing garam. Dalam memilih mesin ini sebaiknya pilih yang materialnya stainless steel karena tidak mudah berkarat.

Kenali Manfaat Mesin Pengemas Garam Otomatis

Garam menjadi salah satu bumbu masakan yang hampir dipakai setiap hari. Masyarakat kini lebih diuntungkan karena ketersediaan garam kemasan cukup banyak dengan harga yang terjangkau.

Bagi supplier garam, tentu memenuhi kebutuhan masyarakat akan garam menjadi tantangan tersendiri. Untuk bisa memproduksi garam kemasan dalam jumlah banyak. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan mesin packing garam yang bersifat otomatis.

Adapun manfaat mesin ini adalah mempercepat dan mempermudah proses pengemasan garam. Tinggal siapkan saja garam serta plastik kemasan kemudian jalankan mesinnya. Tak butuh waktu lama garam kemasan sudah jadi dan siap didistribusikan.

Untuk masalah harga, sangat sepadan dengan manfaat yang diberikan. Dengan memiliki mesin ini, maka Anda tidak memerlukan tenaga tambahan karena pengemasan dilakukan secara otomatis. Selain itu produksinya lebih cepat sehingga jumlah produk bisa lebih ditingkatkan.

Keunggulan Mesin Pengemas Garam, Bisa Menghemat Waktu dan Biaya

Saat ini sudah banyak produsen garam yang menggunakan mesin pengemas garam terbaik karena kinerjanya yang terbukti cepat. Selain itu ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh mesin tersebut. Beberapa diantaranya adalah:

 

  • Proses pengemasan yang cepat sehingga lebih menghemat waktu.
  • Dilengkapi dengan panel kontrol sehingga bisa bekerja secara otomatis tanpa perlu tambahan tenaga pengawas. Dengan begitu pengeluaran bisa dihemat.
  • Mesin menggunakan material stainless steel sehingga tidak mudah karatan meski dipakai setiap hari.
  • Hasil packing produk lebih kuat dan tahan lama.
  • Bisa mengemas berbagai model pengemasan menyesuaikan kebutuhan .
  • Bisa mengemas berbagai macam ukuran menyesuaikan dengan kebutuhan.
  • Sistem kerja mesin pengemas otomatis sehingga sangat mudah dioperasikan.
  •  Kualitas garam dalam kemasan lebih terjamin dan higienis.
  • Body mesin pengemasan kokoh dan mampu bekerja secara maksimal.

Manfaat mesin pengemas garam yang bisa menghemat biaya dan waktu dapat dirasakan oleh siapa saja termasuk pembuat garam kemasan skala rumahan. Dengan memanfaatkan mesin ini, packing jadi lebih rapi dan terjamin sehingga tidak mengurangi kualitas garam di dalamnya.

Spesifikasi dan Cara Kerja Mesin Pengemas Garam Otomatis

Mesin pengemas yang banyak dijual di pasaran terdiri dari banyak tipe dengan harga jual yang bervariasi pula. Namun jika Anda ingin pengerjaan packing garam bisa lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya, sebaiknya gunakan mesin pengemas garam otomatis. Adapun spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • Berat Mesin : kurang lebih 350 Kg
  • Dimensi Mesin : 75 x 100 x 200 cm
  • Kecepatan Packing : 20 sampai 45 kemasan per menit
  • Daya Listrik : 1800 watt
  • Ukuran Kemasan : 15 x 75 cm
  • Kapasitas Kemasan : kurang lebih 200 gram
  • Jenis Material Mesin : NY+PE, OPP+PE, AL+PE, dan bahan pengemas lainnya yang mudah direkatkan melalui pemanasan

Mesin dengan desain vertikal ini tidak memakan banyak tempat sehingga mudah diletakkan dimanapun. Selain itu beratnya cukup ringan. Tombol panel pun lengkap dan mudah untuk dioperasikan. Sedangkan cara kerja dari mesin otomatis ini antara lain:

1. Menghidupkan Mesin Pengemas

Sudah banyak produsen yang tahu mengenai manfaat mesin pengemas garam yang mudah dioperasikan. Untuk memulai proses packing garam, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan mesin dengan menekan tombol “ON”

2. Mengatur Roll Plastik

Mesin ini bisa mengerjakan packing untuk segala macam ukuran pengemasan. Tentu saja ukuran pengemasan yang dihasilkan nanti harus diatur dulu dengan cara setting roll plastik. Ukuran roll plastik disesuaikan dengan ukuran kemasan yang diinginkan.

3. Mengatur Suhu Pengemasan

Material plastik yang digunakan untuk pengemasan memiliki daya tahan terhadap panas yang berbeda-beda. Karena pada dasarnya kerja packing mesin ini adalah memanfaatkan energi panas. Maka suhu pengemasan harus diatur supaya plastik tidak meleleh karena panas yang terlalu tinggi.

4. Memasukkan Bahan Baku Garam

Manfaat mesin pengemas garam tak hanya dipakai untuk packing garam halus saja, tetapi juga jenis yang lebih kasar atau disebut juga dengan garam kristal. Setelah suhu diatur, selanjutnya tinggal masukkan saja garam kedalam corong yang sudah terpasang pada mesin.

5. Memulai Proses Pengemasan

Jika sudah dipastikan pengaturan suhu serta penempatan roll plastik telah sesuai. Langkah selanjutnya adalah memulai proses pengemasan. Caranya cukup mudah dengan menekan tombol “Start” dan mesin secara otomatis akan bekerja.

6. Mengecek Hasil Pengemasan

Untuk memastikan apakah ukuran kemasan sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu dilakukan pengecekan hasil packing. Jika keliru, maka mesin harus dihentikan dan dilakukan pengaturan dari awal supaya hasil pengemasan sesuai dengan keinginan.

7. Mematikan Mesin

Meski ukuran mesinnya tidak terlalu besar, namun kinerja yang dihasilkan sangat maksimal. Walaupun mesin dihidupkan selama beberapa jam, kondisinya tetap stabil dan tidak mengalami overheat. Jika proses packing garam sudah selesai, segera matikan mesin dengan menekan tombol “OFF” pada panel.

Cara kerja dari mesin ini cukup sederhana. Bahkan bagi Anda yang belum pernah menggunakan aneka mesin pengemasan sebelumnya, tidak akan mengalami kesulitan. Semua tombol pengoperasian tersedia dalam panel. Tinggal ikuti saja arahan dari buku petunjuk.

Tips Memilih Mesin Pengemas Garam yang Berkualitas

Bagi pembuat garam yang masih pemula, tentu membeli mesin packing garam bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan modal yang cukup besar karena harga dari mesin tersebut yang tak bisa dibilang murah. Sebab itulah harus pintar memilih jenis mesin pengemasan agar tidak kecewa nantinya.

  • Mesin Berbahan Dasar Stainless Steel

Hampir sebagian besar mesin pengemasan garam yang menggunakan material besi sebagai bahan dasarnya memiliki harga lebih rendah. Tapi faktanya jenis mesin ini justru lebih mudah berkarat terutama jika bersentuhan langsung dengan garam secara terus menerus.
Kondisi mesin yang berkarat tentunya akan mempengaruhi kualitas garam. Sebab itulah pilih mesin pengemas yang terbuat dari stainless steel karena lebih tahan karet dan awet.

  • Mudah Dioperasikan

Beberapa jenis mesin ada yang harus dioperasikan secara manual. Hal ini tentunya akan membuat Anda kewalahan dan proses pengemasan tak bisa berjalan lancar.

Lain halnya jika Anda memakai mesin pengemas garam otomatis. Pengoperasiannya mudah karena mesin dilengkapi dengan panel. Proses kerja akan berjalan otomatis begitu proses packing dimulai. Dengan begitu Anda tak perlu menggunakan jasa pengawas sehingga pengeluaran bisa lebih ditekan.

  • Bisa Packing Segala Ukuran

Pengemasan garam tak hanya berpatokan pada satu ukuran saja. Karena itu pilih mesin yang bisa dipakai untuk melakukan packing beberapa jenis ukuran. Dengan begitu produk garam kemasan akan lebih bervariatif dan konsumen bisa memilih ukuran garam kemasan sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat mesin pengemas garam sangat beragam, beberapa diantaranya seperti menghemat waktu pengerjaan serta menekan biaya produksi karena tidak memerlukan tenaga pengawas mesin. Tipe mesin ini pun beragam, sebaiknya pilih yang berbahan stainless steel agar tahan lama dan tidak berkarat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X