8 Manfaat Penting Garam pada Sebuah Industri

Manfaat garam tidak hanya sebatas penambah citarasa atau pemberi rasa asin pada makanan, melainkan terdapat pula manfaat lain yakni sebagai bahan baku dan bahan penunjang dalam aktivitas industri.

Berbagai kebutuhan garam cukup bervariatif, mulai dari bahan baku ataupun bahan pendukung. Berkat permintaannya yang tergolong cukup tinggi, kebutuhan garam untuk keperluan industri di Indonesia kerap kali masih mendatangkan dari luar negeri atau impor.

Apa Saja 8 Manfaat Garam Bagi Industri?

Berikut adalah manfaat penting garam bagi industri yang ada di Indonesia:

  1. Sebagai Bahan Baku

    Pemanfaatan garam untuk keperluan industri yang pertama yakni sebagai bahan baku dalam pembuatan produk-produk tertentu.
    Adapun beberapa industri yang kerap kali menggunakan garam sebagai bahan baku produknya ialah jenis industri Chlor Alkali Plant (CAP), Ethylene Dichloride (EDC) dan Resin Polivinil Klorida (PVC).Dalam industri CAP, garam nantinya akan diubah menjadi klorin dan soda abu yang nanti bisa menghasilkan bahan-bahan kimia anorganik dan minyak untuk industri petrokimia.

    Selanjutnya dalam industri PVC, garam akan dibutuhkan untuk menghasilkan air bersih, sabun deterjen, Pipa PVC, karet, kulit, kaca ataupun tekstil.

    Ketiga jenis industri tersebut pasti membutuhkan pasokan garam dalam jumlah yang cukup besar mengingat garam digunakan sebagai bahan baku, bukan lagi sebagai bahan penunjang.

  1. Untuk Konsumsi Langsung

    Selain berperan sebagai bahan baku dalam pembuatan ketiga jenis industri yang telah disebutkan sebelumnya, garam juga berperan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan garam siap saji atau garam konsumsi.Dalam industri ini, garam akan melalui beberapa tahapan pengolahan mulai dari penyortiran, pemisahan kotoran sampai dengan penambahan campuran zat lain seperti misalnya yodium sampai nantinya dikemas dan siap untuk diperjual belikan.Dalam industri garam konsumsi, biasanya garam tersedia dalam dua bentuk yakni bentuk batangan ataupun bentuk garam serbuk atau garam halus yang memiliki tekstur lebih lembut.

  1. Bahan Pemutih Industri Kertas

    Sesuai dengan warnanya yakni putih, manfaat garam selanjutnya adalah sebagai salah satu zat pemutih dalam industri kertas. Hal ini kerap dijumpai dalam industri kertas putih yang menggunakan bahan utama dari serat pepohonan.Warna asalnya yang gelap atau kecoklatan nantinya akan menjadi lebih bersih atau putih dengan adanya campuran garam di dalamnya.

  1. Bahan Baku Industri Farmasi dan Kosmetik

    Sejauh ini, garam merupakan bahan yang dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan begitu, tidak heran jika keberadaannya kerap digunakan sebagai bahan pendukung dalam pembuatan alat-alat farmasi dan kosmetik.Beberapa alat farmasi yang dibuat dengan campuran garam adalah cairan infus, cairan pencuci ginjal, pure analysis dan masih banyak lagi. Selain itu, tidak jarang obat-obatan kulit dan gigi juga menggunakan garam sebagai salah satu bahan baku pembuatannya.Hal tersebut dikarenakan garam dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan gigi, mulut dan kulit.
    Sedangkan untuk kosmetik, garam sering kali dibutuhkan dalam industri sabun ataupun scrub yang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

    Selain itu, garam juga mengandung potasium dan belerang yang bisa membantu mengontrol produksi sebum berlebih penyebab jerawat, mengembalikan kelembapan kulit serta membersihkan sampai ke dalam pori-pori.

    Itu sebabnya, garam juga kerap dipilih sebagai bahan pendukung dalam industri pembuatan sabun pencuci muka, moisturizer dan pembersih wajah.

  1. Bahan Pengeboran Minyak dan Pembuatan Uap

    Sejauh ini, garam juga memiliki peranan penting dalam upaya pengeboran minyak dan pembuatan uap dalam industri petrokimia.Dalam hal ini, pasokan garam yang dibutuhkan biasanya berjumlah cukup besar mengingat alat-alat yang digunakan juga banyak jumlahnya.Pengolahan garam yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan pengolahan garam sebagai bahan baku dalam industri PAC yang telah disebutkan sebelumnya.

    Garam akan diolah terlebih dahulu sedemikian rupa sampai berubah bentuknya lalu dimanfaatkan sebagai bahan pendukung dalam proses pengeboran ataupun pembuatan uap.

  1. Bahan Baku Industri Pangan

    Manfaat garam selanjutnya ialah sebagai bahan baku dalam industri pembuatan makanan dan minuman.Dalam hal ini, semua industri makanan rata-rata membutuhkan garam baik itu sebagai seasoning atau pemberi rasa, penguat aroma ataupun sebagai bahan pengawet alami pada makanan.Banyak jenis industri makanan yang membutuhkan garam sebagai bahan bakunya, mulai dari makanan kering, makanan basah sampai dengan makanan dan minuman kalengan sekalipun.

  1. Bahan Water Treatment untuk Melunakkan Air Boiler

    Manfaat selanjutnya yang dihasilkan oleh garam adalah sebagai bahan pendukung untuk melunakkan air boiler. Hal ini dikarenakan garam mampu menyerap kalsium dan mineral yang tidak dibutuhkan sehingga keseimbangan pH air dapat terkontrol dengan baik.Dengan begitu, air boiler akan menjadi lebih lunak atau lembut dengan adanya campuran garam di dalamnya.

  1. Bahan Baku Industri Penyamakan Kulit, Tekstil dan Resin

    Manfaat terakhir garam dalam bidang industri ialah sebagai bahan pengawetan sekaligus penyamakan kulit, tekstil ataupun resin.Penyamakan dengan garam ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang menempel pada kulit hewan ataupun jenis serat kain yang digunakan sebelum diolah kembali menjadi serat kain atau barang-barang lainnya seperti tas, sepatu dan masih banyak lagi.Adapun metode yang digunakan juga cukup bervariasi atau ditentukan berdasarkan jenis dan bentuk bahan yang digunakan. Biasanya, terdapat dua cara penyamakan yakni dengan garam kering dan garam basah.

Ke-8 poin di atas merupakan manfaat garam yang kerap dijumpai dalam kebanyakan industri yang beroperasi di Indonesia.

Dengan begitu, garam tidak hanya berfungsi sebagai bahan penambah citarasa seperti yang Anda ketahui selama ini, mengingat manfaat lain yang dihasilkan garam sangatlah beragam. Bahkan, bisa dibilang manfaatnya hampir menjangkau seluruh bidang industri yang ada di Indonesia.

Manfaat Garam untuk Industri Peternakan

Disamping 8 manfaat yang telah disebutkan, garam pada dasarnya juga banyak memberikan manfaat bagi industri peternakan. Dalam hal ini, garam berperan penting sebagai bahan alami yang menunjang kesehatan dan kebersihan hewan sekaligus bahan pangan yang digunakan.

Berdasarkan penelitian, hewan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi pada bahan makanan yang mengandung natrium dibandingkan makanan lainnya yang tersedia di alam kecuali air. Itu sebabnya, garam kerap kali diolah menjadi suplemen penting penunjang makanan hewan.

Selain itu, garam juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh hewan seperti misalnya mengobati sakit gigi ataupun ruam pada kulit hewan.
Hal ini bisa bermanfaat dalam semua jenis hewan ternak, baik itu ikan, unggas ataupun ternak sapi dan kambing.

Itulah manfaat garam dalam kepentingan berbagai jenis dan bidang industri yang ada di Indonesia. Permintaannya setiap hari terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pemanfaatan garam dalam industri juga telah memiliki jangkauan yang luas, baik itu sebagai bahan baku ataupun bahan pendukung sehingga tidak heran jika kebutuhan garam untuk keperluan industri kerap kali masih mendatangkan dari luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X