Manfaat Menaburkan Garam Dapur pada Buah Lebih Sehat

dapur garam

Banyak orang berasumsi bahwa garam dapur / garam halus menjadi pemicu hipertensi / tekanan darah tinggi. Garam yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu hipertensi, padahal garam memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan takaran yang setiap hari nya. Hampir segala jenis makanan yang membutuhkan garam untuk menambahkan rasa. Perlu diketahui juga bahwa buah-buahan segar juga perlu garam.

 

Baca Juga:  Manfaat Garam Untuk Kesehatan

 

menambahkan garam pada buah ternyata banyak manfaatnya karena kandungan garam itu sendiri. Berikut alasan mengapa garam yang di taburi di buah-buahan segar lebih sehat:

barbekyu, barbeque, bbq-1239434.jpg

 

1.Untuk penambah rasa

Penambahan garam pada buah bisa mengurangi rasa asam pada buah. Garam dapat ditambahkan pada porsi sedikit dan jangan terlalu banyak karena akan mendominasi rasa pada buah tersebut. Untuk jenis garam yang cocok untuk ditambahkan pada buah usahakan untuk menggunakan garam laut/ garam halus.

 

2. Menghilangkan pestisida

Garam laut / garam halus yang di tambahkan pada buat bermanfaat untuk menghilangkan pestisida pada buah-buahan yang kulitnya dapat di makan, seperti apel dan pear. Cara nya cukup mudah, buah-buahan dapat di cuci dengan air bersih yang sudah ditambahkan garam laut / garam halus.

 

3. Antibakteri

Buah yang sudah dikupas akan dihinggapi bakteri jika tidak langsung dimakan. Maka dari itu, fungsi garam adalah untuk mencegah agar bakteri tidak tumbuh pada buah. Apel yang sudah dikupas akan menghitam dalam waktu yang cepat, jika ditambahkan garam maka akan memperlambat proses penghitaman pada apel.

4. Mengurangi kadar asam

Buah-buahan seperti jeruk memiliki pH asam yang cukup tinggi. sebagian orang yang mengalami penyakit seperti maag tidak dapat mengkonsumi makanan yang asam. Maka dari itu penambahan garam laut / garam halus memiliki peran penting dalam menurunkan kadar asam tersebut.

 

 

Dikutip dari kanal Youtube Alam Organik, Senin (31/5/2021), garam mengandung dua unsur utama yaitu natrium dan klorin. Natrium adalah salah satu unsur hara mikro yang dapat menggantikan peran unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman, yaitu kalium.

Sedangkan klorin adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat berperan dalam memperlancar proses fotosintesis pada tanaman. 

Update berita terbaru dari kami setiap hari berupa artikel menarik, dan tentunya inspiratif, semoga sehat selalu untuk kita semua.

 

salam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X