fungsi garam kasar untuk pembuatan es krim

Apa Fungsi Garam Kasar untuk Es Krim?

Apa fungsi garam dalam pembuatan es krim? Mungkin pertanyaan tersebut sempat terlintas dalam benak Anda ketika melihat penjual es krim keliling yang menaburkan garam kasar pada wadah adonan es krim. Benarkah garam bisa digunakan untuk membuat es krim?

Seperti yang diketahui bersama, es krim identik dengan rasa manisnya yang kuat sehingga penggunaan garam kasar dalam pembuatan es krim sering dipertanyakan. Sebagai bocoran, penggunaan garam di sini bukan untuk adonan es krim melainkan di wadah luar adonannya.

Bagaimana Fungsi Garam dalam Pembuatan Es Krim

Sebelumnya telah sedikit disinggung mengenai penggunaan garam kasar untuk pembuatan es krim yang bukan digunakan sebagai bahan adonan es krim. Garam kasar biasanya akan ditaburkan pada es batu yang berada di luar wadah adonan es krim.

Jika selama ini Anda berpikir bahwa satu-satunya cara untuk membekukan es krim adalah dengan freezer maka hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena ada alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk membekukan es krim, yaitu dengan media es batu dan garam kasar.

Biasanya untuk membekukan es krim dibutuhkan suhu kurang dari nol derajat celsius. Untuk cara yang sederhana, Anda bisa memanfaatkan es batu dan garam kasar sebagai media untuk pembekuan es krim. 

Bahkan hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja, es krim akan beku seperti dimasukkan freezer. Lantas bagaimana fungsi es batu dan garam dalam pembuatan es krim? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Garam Menurunkan Titik Beku pada Es Batu

Salah satu fungsi garam kasar untuk es krim adalah mampu menurunkan titik beku es batu sehingga adonan es krim lebih cepat membeku. Jika tidak maka es batu tersebut akan mencair karena menyerap kalor atau panas yang ada di sekelilingnya.

Kondisi tersebut terjadi karena garam memiliki sifat hidrofilik yang akan mengikat molekul air dan membuat adonan es krim di dalamnya tetap membeku. Pada saat garam ditaburkan ke es batu maka kestabilan partikel padat pada es akan terganggu sehingga menyebabkan lubang.

Hal ini dikarenakan partikel-partikel es pada permukaan akan memisahkan diri dari gaya tarik yang berada di bagian samping dan bawahnya. Kemudian partikel es tersebut akan mengalami fase cair.

Perlu diketahui bahwa penambahan garam kasar pada wadah adonan es krim akan menyebabkan es batu mengalami peleburan namun tanpa adanya penambahan panas. Sehingga walaupun bentuknya sudah mencair, suhunya tetap seperti kondisi es yang beku.

Hal ini terjadi karena garam kasar yang telah ditaburkan pada es mampu menurunkan titik lebur air sehingga es bisa mengalami peleburan pada suhu di bawah titik lebur normal, yaitu nol derajat celsius.

  • Es Batu Menyerap Panas dari Adonan Es Krim

Fungsi garam dalam pembuatan es krim ini cukup penting karena bisa membuat adonan es krim lebih cepat membeku. Karena dalam proses peleburan es yang telah disebutkan di atas dibutuhkan energi atau penyerapan panas, sementara panas tersebut tidak disuplai dari luar.

Dengan kondisi tersebut maka es akan melakukan penyerapan panas dari dirinya sendiri sehingga membuat suhunya lebih rendah meskipun sudah dalam keadaan cair. 

Karena panas tersebut berpindah dari area yang panas ke area yang dingin, maka es akan menyerap energi panas yang berasal dari adonan es krim. Dan akibatnya adonan es krim yang ada di dalam wadah akan membeku.

Itulah mengapa penjual es krim yang Anda temui bisa mempertahankan kondisi es krimnya tetap beku meskipun tidak menggunakan freezer. Jadi rahasia pembekuannya terletak pada taburan garam kasar pada es batu yang diletakan di luar wadah adonan es krim.

Membuktikan Fungsi Garam dalam Pembuatan Es Krim

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa es batu yang ditaburi garam akan mencair namun tetap mempertahankan titik bekunya sehingga suhunya tetap dingin seperti es. Hal ini tentu akan sangat berbeda jika Anda tidak menaburkan garam kasar di atasnya, karena es akan mencair begitu saja.

Dengan kata lain, tanpa adanya tambahan garam, es batu akan mencair dan tidak terasa dingin lagi seperti ketika kondisinya masih berupa es batu. Hal inilah yang membedakan antara suhu es batu yang mencair alami dengan yang mencair dengan tambahan garam kasar.

Dan yang lebih menarik, larutan es batu dan garam kasar tersebut bisa memiliki suhu yang lebih dingin jika dibandingkan dengan bentuk awalnya saat berupa bongkahan es batu. Hal ini terjadi karena titik beku es mengalami penurunan, bahkan meskipun sudah mencair.

  • Fungsi Garam dalam Proses Pembuatan Es Krim

Fungsi garam dalam pembuatan es krim sangat penting karena bisa membuat adonan es krim menjadi cepat beku. Perlu diketahui bahwa sebenarnya adonan es krim berbeda dari air biasa karena lebih sulit untuk membeku.

Hal ini dikarenakan komposisi yang digunakan dalam pembuatan es krim seperti lemak dan gula memiliki titik beku yang lebih rendah jika dibandingkan dengan air biasa. Itulah mengapa Anda tidak bisa mengandalkan es batu saja untuk bisa membekukan adonan es krim tersebut.

Sebagai solusinya tentu saja dengan memberikan tambahan garam kasar pada es batu yang akan membuat adonan es krim cepat beku. Karena suhu es batu akan sangat rendah dan mampu menyerap panas dari adonan es krim.

Adapun jenis garam yang bisa digunakan untuk membantu membekukan adonan es krim adalah garam kasar. Karena tekstur garam yang kasar dengan butiran yang cukup besar akan lebih efektif dalam menjaga titik beku es batu sehingga semakin rendah.

Selain itu, penggunaan garam kasar juga akan lebih mudah memenuhi wadah sehingga lebih praktis dan ekonomis. Cara ini juga bisa diterapkan jika Anda ingin membawa bekal es krim atau minuman dingin untuk keperluan piknik.

  • Fungsi Garam sebagai Penguat Rasa Es Krim

Selain digunakan untuk membantu pembekuan adonan es krim, fungsi garam dalam pembuatan es krim juga bisa sebagai penguat rasa. Ya, menambahkan sedikit garam pada adonan es krim akan membuat rasa manis es krim semakin kuat dan mantap.

Meski begitu, penggunaan garam untuk pembuatan es krim ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Jika Anda lebih suka dengan rasa manis yang ringan dan tidak terlalu kuat, maka sebaiknya tidak perlu menambahkan garam pada adonan es krim.

Tapi kalau Anda termasuk penyuka manis dengan cita rasa yang kuat dan mantap, tidak ada salahnya menambahkan sejumput garam pada adonan es krim yang dibuat. Dijamin rasanya akan lebih manis dan menggugah selera.

Fungsi garam dalam pembuatan es krim sangatlah penting karena mampu membuat adonan es krim cepat beku dan tetap beku dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena suhu rendah pada es batu akan menyerap panas dari adonan es krim. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Referensi:

https://pondan.com/article/kenapa-membuat-es-krim-pakai-garam/amp/

https://www.cakefever.com/fungsi-garam-dalam-pembuatan-es-krim/

https://www.nibble.id/fungsi-garam-dalam-pembuatan-es-krim/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X