merendam-kaki-dengan-air-garam

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Merendam kaki dengan air garam menjadi salah satu terapi rumahan yang sudah dilakukan dari dulu. Terapi merendam kaki dengan air garam bisa memberi efek relaksasi dan begitu menenangkan.

Ada berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari merendam kaki ini, selain itu untuk membuat campuran air garam juga tidak sulit.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Berikut berbagai macam manfaat yang akan Anda dapatkan saat merendam kaki menggunakan air garam, antara lain:

1. Menghilangkan Pegal Pada Kaki

Merendam kaki dengan menggunakan campuran garam dan air hangat bermanfaat menghilangkan pegal. Pada dasarnya, khasiat ini dihasilkan oleh air hangat.

Air hangat mampu merelaksasikan otot kaki, betis dan tumit sesudah seharian berkontraksi ketika Anda melakukan aktivitas. Bukan hanya itu, air hangat juga bisa melebarkan pembuluh darah, dan membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar.

2. Meredam Nyeri Serta Bengkak

Merendam kaki dengan air garam hangat juga bermanfaat untuk meredam nyeri serta bengkak. Sebuah penelitian menyebutkan bila kandungan magnesium yang tinggi di dalam garam bisa menghambat impuls nyeri serta memiliki sifat anti radang.

Oleh sebab itu, merendam kaki pada air hangat serta dicampur dengan garam diduga dapat mengatasi bengkak dan nyeri. Namun, manfaat ini masih harus membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

3. Membantu Untuk Mengatasi Lecet

Alas kaki yang terlalu lama digunakan atau terlalu sempit bisa membuat kaki menjadi lecet dan akhirnya muncul lepuhan. Sebenarnya, keluhan ini dapat diatasi dengan cara merendam kaki menggunakan air garam.

Merendam kaki dengan campuran air dan garam bermanfaat untuk mengatasi kaki lecet. Kandungan mineral yang berada di dalam garam dapat menenangkan serta melembutkan kulit, sehingga luka lecet serta melepuh bisa sembuh lebih cepat.

4. Sebagai Pencegahan Infeksi Jamur

Garam sudah banyak digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam luka serta infeksi jika digunakan dengan jumlah yang tepat.

Bukan hanya itu, garam juga konon bisa membantu menarik kelembapan kulit sehingga nantinya dapat mencegah infeksi jamur di kaki.

5. Mengurangi Bau Pada Kaki

Khasiat lain merendam kaki dengan air garam adalah mengurangi bau kaki. Berkurangnya bau kaki ini disebabkan karena natrium klorida yang berada di dalam garam dapur.

Natrium klorida adalah cairan normal yang berada di tubuh serta memiliki sifat antibakteri. Oleh sebab itu, sesudah seharian bekerja dengan menggunakan sepatu, Anda bisa merendam kaki dengan menggunakan campuran air garam dan air hangat.

Anda juga dapat memberikan sikatan halus di permukaan atau sela-sela jari sehingga bisa mengurangi bau kaki yang disebabkan karena bakteri.

6. Membuat Kaki Lebih Halus

Garam laut yang memiliki bentuk lebih kasar bisa digosokan di permukaan kaki serta tumit sehingga bisa mengangkat sisa kulit mati. Garam laut juga diduga dapat mengatasi kulit pecah-pecah, sehingga tampilan jauh lebih halus.

Bukan hanya itu, merendam kaki dengan menggunakan air garam terbukti bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, khasiat ini disebabkan karena magnesium yang berada di kulit ketika merendam kaki.

Tidak hanya itu, pada kulit kering yang disebabkan karena alergi, air garam hangat dipercaya bisa menjadi sebuah solusi.

7. Meredakan Stress

Merendam kaki dengan menggunakan air hangat serta campuran garam akan membantu menenangkan pikiran sesudah melewati hari panjang serta melelahkan.

Sehingga, Anda dapat menjadikan aktivitas merendam kaki sebagai sebuah cara untuk melepas lelah serta stress di rumah.

8. Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Merendam kaki dengan air garam setiap hari juga dapat mengatasi kaki pecah-pecah. Pada dasarnya kaki pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah paparan bahan iritan secara berulang.

Bila Anda sering mencuci pakaian dengan menggunakan detergen yang menyebabkan iritasi, pastikan selalu membersihkan kaki sesudah terkena air detergen. Anda dapat merendam kaki dengan menggunakan air garam sehingga kelembapan dapat terjaga.

9. Merawat Kuku Kaki

Memiliki kuku kaki yang terasa tebal serta sulit untuk diratakan? Jika demikian, Anda dapat merendam kedua kaki dengan menggunakan campuran air hangat serta garam sebelum menggunting.

Bukan hanya menggunting kuku, Anda juga harus memperhatikan kulit kaki dengan melakukan pemantauan secara berkala.

10. Mengurangi Nyeri Karena Cantengan

Kuku kaki yang tumbuh ke bagian dalam atau yang sering disebut dengan cantengan memang terasa begitu menyakitkan. Sebenarnya, untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan serta bengkak yang disebabkan karena cantengan, Anda dapat menggunakan garam.

Anda hanya perlu mencampur garam dan air hangat, kemudian rendam kaki yang bengkak akibat cantengan selama 10 hingga 30 menit setiap hari.

11. Mencegah Insomnia

Merendam kaki dengan menggunakan air garam yang memiliki kandungan magnesium sulfat juga dinilai begitu efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Hal ini disebabkan karena aliran darah di bagian kaki menjadi jauh lebih lancar.

Perlu diketahui, aliran darah yang lancar bisa membantu Anda merasa jauh lebih nyaman, menghilangkan rasa pegal di kaki serta mengurangi rasa stress.

Cara Membuat Ramuan Air Garam

Untuk mendapatkan berbagai khasiat di atas, tentu saja ramuan air garam harus dibuat dengan tepat. berikut langkah untuk membuatnya:

1. Campuran Garam Dan Cuka Apel

Campuran garam serta cuka apel ini bermanfaat untuk mendetoks tubuh. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan ini adalah tanah liat bentonit, cuka apel, serta garam Epsom.

Berikut langkah untuk merendam kaki dengan air garam:

  • Campurkan tanah liat, serta cuka sari apel sampai berubah menjadi pasta kental
  • Oleskan pasta ke kaki selama kurang lebih 10 menit, atau hingga benar-benar kering
  • Sembari menunggu kering, siapkan baskom yang berisi air hangat serta campurkan garam Epsom
  • Rendam kaki dalam baskom serta biarkan tanah liat lepas dengan alami dari kaki
  • Anda dapat menggunakan sikat khusus kulit, waslap dan batu apung untuk menghilangkan sisa tanah pada kaki.

2. Campuran Garam Dan Minyak Kelapa

Seperti yang telah disinggung, garam berfungsi mengatasi nyeri. Untuk membuat ramuan ini, Anda harus menyiapkan garam Epsom, minyak esensial dan minyak kelapa murni.

Bila Anda ingin mengatasi nyeri atau pegal dengan cara merendam kaki dengan air garam, berikut langkah yang dapat dilakukan:

  • Campur garam serta air di dalam baskom yang berisi dengan air hangat
  • Tambahkan berbagai macam bahan lain
  • Rendam kaki selama kurang lebih 20 menit, Anda juga dapat memberikan pijatan kecil.

3. Campuran Garam Dan Lemon

Jika ingin menghilangkan kulit mati di kaki, campuran lemon dan garam bisa Anda jadikan pilihan. Sebagai bahan, Anda dapat menyiapkan lemon segar, cuka apel, serta garam. Berikut langkah yang dapat diikuti:

  • Masukkan cuka dalam bak air hangat
  • Peras lemon dan masukkan dalam larutan
  • Gunakan kulit lemon untuk membersihkan jari kaki, selain itu Anda juga dapat menggosok dengan garam.

Merendam kaki dengan air garam memang dapat memberikan berbagai macam manfaat, namun hal yang perlu diperhatikan adalah, penanganan ini bersifat membantu, serta bukan menjadi terapi utama. Selain itu, Anda juga harus melakukannya secara teratur agar mendapatkan hasil maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X