Hilangkan Rasa Pahit Pare dengan Garam

Hilangkan Rasa Pahit Pare dengan Garam

Pare menjadi salah satu sayuran yang umum dikonsumsi dan ditemukan di Indonesia. Pare mempunyai karakteristik yang menonjol. Sayangnya, banyak yang kurang menyukai pare karena rasanya yang pahit, padahal terdapat cara menghilangkan rasa pahit pada pare.

Sayuran hijau dengan kulit kasar ini nyatanya dapat menjadi sumber vitamin serta mineral yang sangat baik. Bukan hanya itu, mengkonsumsi pare juga dipercaya bisa mengurangi penyakit seperti kolesterol, menstabilkan gula darah, bahkan meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran ini, antara lain:

1. Meremas Menggunakan Garam

Cara ampuh menghilangkan rasa pahit pada pare yang pertama adalah meremas dengan garam. Setelah pare dicuci bersih, Anda dapat membelahnya menjadi dua kemudian mengeluarkan bijinya.

Iris pare dengan tebal 0,3 cm hingga 0,5 cm. Kemudian, tamping di dalam wajan serta taburi pare menggunakan garam sebanyak 1 hingga 2 sendok makan garam sesuai jumlah pare yang akan Anda masak.

Anda dapat langsung meremas pare sampai terlihat lemas, jika sudah lebih lemas, diamkan pare selama 15 menit, kemudian cuci bersih pare dan masak seperti biasa.

2. Merendam Dengan Air Garam

Selain meremas pare dengan garam, Anda juga dapat merendam pare bersama dengan air garam. Caranya sangat mudah, Anda dapat menaruh pare yang sudah diiris ke dalam mangkuk.

Taburkan garam dan tambahkan air hangat. Diamkan selama 20 sampai 30 menit sebelum mengolah pare menjadi masakan. Pastikan menggunakan banyak garam, sehingga pahitnya bisa hilang dengan maksimal.

3. Taburi Garam Dan Siram Menggunakan Air Mendidih

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat menaburi pare dengan garam, kemudian remas-remas dan peras potongan pare. Buang air perasan dan siram irisan pare dengan air mendidih. Bilas pare sampai bersih sebanyak 2 hingga 3 kali.

4. Rebus Dengan Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan rasa pahit pada pare yang berikutnya adalah merebusnya bersama dengan daun jambu biji. Rasa sepat yang dimiliki daun jambu biji dipercaya bisa menetralisir rasa pahit yang dimiliki pare.

Untuk mempraktekkan cara ini, Anda hanya harus merebus pare dan beberapa daun jambu biji sampai mendidih selama kurang lebih 5 menit. Tiriskan pare serta bilas dengan menggunakan air bersih sebelum mengolahnya.

5. Rendam Bersama Dengan Yoghurt

Selama ini, kita mungkin mengenal yoghurt sebagai sebuah minuman fermentasi susu yang baik untuk pencernaan. Memiliki rasa yang asam serta segar sering menjadikan minuman ini sebagai campuran bahan makanan serta minuman.

Ternyata, yoghurt juga memiliki berbagai macam manfaat lain yakni membuat pare menjadi tidak pahit. Salah satu penelitian menganalisa jika yoghurt dapat meminimalisir rasa pahit pada pare jika dikonsumsi secara bersamaan.

Namun, sampai sekarang belum terdapat penelitian yang menunjukkan bila yoghurt cukup efektif untuk mengurangi rasa pahit pare. Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang percaya bila merendam pare di dalam yoghurt dapat mengurangi rasa pahitnya.

6. Rebus Pare Bersama Dengan Cuka, Gula Dan Garam

Merebus pare bersama dengan campuran garam, cuka dan gula menjadi salah satu cara yang dapat Anda ikuti. Resep cara menghilangkan rasa pahit pada pare ini sering dilakukan.

Anda hanya perlu merebus irisan pare di dalam secangkir cuka putih kemudian tambahkan gula dan garam. Rebus sampai mendidih selama 2 menit sebelum meniriskannya kemudian bilas kembali dengan air bersih.

7. Rendam Bersama Dengan Air Asam

Asam jawa sering digunakan sebagai bahan memasak berbagai macam amsakan khas Indonesia, entah masakan yang asin atau manis.

Namun ternyata, asam jawa juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa pahit yang dimiliki pare. Anda hanya perlu merendam pare yang sudah dibersihkan serta diiris ke air asam selama kurang lebih 30 menit.

Bilas pare sampai bersih dengan menggunakan air mengalir. Cara ini memang dapat membuat pare tidak pahit, tetapi nantinya tekstur pare dapat menjadi kurang renyah dan layu.

8. Rebus Pare Dengan Tanah Liat

Pernahkah Anda mendengar “ampo”? Ampo sebenarnya adalah camilan khas jawa yang dibuat dari tanah liat. Ampo menggunakan tanah liat yang dapat dimakan.

Namun, ampo tidak dapat dengan mudah dicari. Camilan ini umumnya ditemukan di pasar tradisional serta jumlahnya tidak banyak. Tetapi, jika Anda menemukannya, Anda dapat menggunakannya untuk merebus pare.

Untuk merebus pare bersama dengan ampo, Anda hanya perlu rebus pare bersama dengan ampo selama beberapa menit, kemudian cuci kembali sampai bersih.

9. Membersihkan Pare Dengan Benar

Cara menghilangkan rasa pahit pada pare berikutnya adalah membersihkannya dengan benar. Untuk memasak pare, agar tidak pahit Anda dapat mengikis permukaan pare.

Anda dapat menggunakan peeler atau pisau untuk membuang kult bagian luar sampai permukaannya sedikit halus. Kemudian, belah pare menjadi dua dan buang biji serta bagian tengah pare berwarna putih.

10. Memotong Pare Dengan Tipis-tipis

Memotong pare dengan ukuran tipis dan kecil juga menjadi salah satu cara agar pare tidak terasa pahit. Perlu diketahui, bila semakin tipis irisan pare, rasa pahitnya bisa semakin diminimalisir.

Tips Memilih Pare Berkualitas

Meskipun sudah mengetahui langkah untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, namun jika tidak memilih pare dengan baik, tentu akan percuma. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih pare, antara lain:

  • Pastikan Kematangannya

Ketika memilih pare, usahakan memilih pare yang masih muda bila dibandingkan dengan pare yang matang. Rasa getir serta pahit yang dimiliki pare akan semakin terasa jika sudah matang atau tua.

Salah satu ciri pare yang masih muda adalah kulit pare masih lembut. Sedangkan, pare yang sudah tua memiliki kulit yang lebih keras.

  • Warna

Masih berkaitan dengan pemilihan pare yang masih muda, warna pare yang masih muda biasanya lebih gelap atau hijau tua dibanding dengan pare yang sudah matang. Warna hijau ini nantinya semakin pudar ketika matang.

  • Ukuran

Umumnya, orang akan memilih pare yang memiliki ukuran besar dibandingkan dengan memilih beberapa pare berukuran kecil, alasannya agar lebih menghemat tenaga dan waktu.

Padahal, pare yang memiliki ukuran besar biasanya mempunyai rasa yang lebih pahit, oleh sebab itu lebih baik memilih pare yang berukuran sedang atau kecil.

Pilihan Menu Masakan Pare

Bila bingung menentukan olahan pare, berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda, yaitu:

  • Tumis pare
  • Oseng pare
  • Pare isi daging
  • Tumis pare dengan udang pedas
  • Pare goreng tepung
  • Pare pedas gurih
  • Dadar pare
  • Pare geprek
  • Pare sambel teri petai
  • Pare tumis cumi
  • Pare telur sambal

Jadi, cara menghilangkan rasa pahit pada pare sebenarnya mudah bukan? Selain itu ada berbagai macam pilihan olahan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memasak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X