geomembrane

Geomembrane: Metode Tingkatkan Kualitas Garam

Garam geomembrane merupakan jenis garam mentah yang kasar seperti garam krosok. Geomembrane adalah salah satu material geosynthetics yang sifatnya kedap air sehingga banyak dipakai untuk lapisan kolam limbah, embung, dan tambak garam.

Garam geomembrane memiliki tekstur yang lebih kasar dan kandungan NaCl yang lebih baik dibandingkan garam krosok. Untuk mengetahui apa itu geomembrane dan proses pembuatan garam geomembrane, berikut ulasan selengkapnya. 

Pengertian Geomembrane Adalah

Berdasarkan laman seasalt.com, garam diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu atau sekitar 6050 tahun sebelum masehi. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, garam diolah dengan berbagai cara, salah satunya melalui geomembrane

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, geomembrane adalah salah satu material geosynthetics yang bersifat impermeabilitas atau kedap air. Karena memiliki sifat kedap air, geomembrane banyak digunakan untuk lapisan kedap embung, waterway, kolam limbah, dan tempat pembuangan akhir. 

Jenis Geomembrane

Belakangan ini, geomembrane juga diaplikasikan untuk tambak garam. Geomembrane sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan material pembuatannya antara lain geomembrane PVC, geomembrane HDPE, geomembrane LDPE, dan geomembrane EVA (Ethyl Vinyl Acetate).

Jenis geomembrane yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu geomembrane HDPE. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis geomembrane

  • Geomembrane PVC

Geomembrane jenis ini merupakan lapisan kedap air yang terbuat dari PVC dengan tingkat impermeabilitas tinggi, kuat terhadap kimia, dan ultraviolet. Geomembrane satu ini sangat cocok diaplikasikan untuk lapisan kolam penampungan limbah. 

  • HDPE Geomembrane

Geomembrane satu ini terbuat dari High Density Polyethylene (HDPE) dengan varian ketebalan yang beragam mulai dari 0,5 mm, 0,75 mm, 1,0 mm, hingga 2,5 mm. 

  • LLDPE Geomembrane

Jenis geomembrane satu ini dibuat melalui proses kopolimerisasi etilena dengan suhu dan tekanan yang rendah. Geomembrane jenis ini memiliki sifat yang fleksibel sehingga mudah dibentangkan. Hanya saja, geomembrane satu ini memiliki lapisan yang lebih tipis dibandingkan jenis lainnya. 

  • EVA (Ethyl Vinyl Acetate)

Geomembrane jenis ini diklaim memiliki kualitas 3 kali lebih baik dibandingkan geomembrane LLDPE. Geomembrane ini juga lebih fleksibel dan punya daya tahan yang baik terhadap suhu atau radiasi sinar ultraviolet. Geomembrane ini menggunakan vinil asetat dan kopolimer etilen sehingga sedikit bau. 

  • FFP (Fleksibel Polipropilena)

Jenis geomembrane yang satu ini menggunakan material resin yang dipolimerisasi menggunakan polipropilena dan karet etilen propilena. Geomembrane ini biasanya diaplikasikan untuk industri besar seperti pabrik. 

Proses Pembuatan Garam Geomembrane

Setelah mengetahui apa itu geomembrane dan jenis-jenisnya, Anda mungkin penasaran dengan cara pembuatan garam geomembrane, bukan? Berikut ini tahapan proses pembuatan garam dengan bantuan lapisan geomembrane

  • Filter Garam Geomembran

Filter atau penyaringan dalam proses pembuatan garam geomembrane dapat dilakukan menggunakan batok kelapa, batu zeolite, dan ijuk sapu. Lapisan filter ini bertujuan agar air laut yang terperangkap dalam tambak garam menjadi lebih bersih. 

Air laut yang masuk pertama kali ke dalam kolam panen akan langsung disaring oleh ijuk sapu sehingga kotoran yang terbawa seperti pasir, batu, dan barang-barang lainnya tidak ikut masuk ke dalam tambak. 

Setelah itu, air laut yang sudah dibersihkan oleh ijuk sapu selanjutnya akan difilter lagi oleh batu zeolite dan batok kelapa. Kedua material ini diyakini bisa menimbulkan efek karbon aktif yang membuat bau pada air laut akan hilang. 

Selain itu, kedua material ini juga bisa memberikan efek putih yang alami dan natural pada garam geomembrane. Dengan kombinasi material filter ini, air laut yang terdapat pada tambak garam menjadi lebih bersih dan bebas bau.

  • Alas Tambak Garam Geomembrane

Setelah persiapan filter (penyaringan), langkah selanjutnya dalam proses pembuatan garam geomembrane adalah persiapan alas. Alas ini digunakan untuk melapisi dasar tambak menggunakan lapisan plastik atau geomembrane

Lapisan plastik ini digunakan agar kristal garam tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau dasar tambak sehingga kristal garam menjadi lebih bersih. Proses pembuatan garam geomembrane ini sama seperti pembuatan garam tradisional pada umumnya yaitu sekitar 21 hari (3 minggu). 

Manfaat Penggunaan Geomembrane untuk Alas Tambak Garam

Penggunaan geomembrane untuk alas tambak mulai digemari para petambak garam karena menawarkan sejumlah manfaat dan kelebihan. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan geomembrane untuk alas tambak garam.

  • Membantu Mempercepat Proses Kristalisasi Garam

Kristalisasi garam merupakan proses pemanasan dan penguapan air laut hingga menjadi kristal garam. Proses yang dibutuhkan untuk kristalisasi garam yaitu sekitar 2 sampai 3 hari penjemuran tergantung cuaca. 

Dengan penggunaan geomembrane sebagai alas pada tambak garam, proses kristalisasi air laut menjadi lebih cepat sehingga proses panen yang dilakukan juga menjadi lebih singkat dan cepat. 

Proses kristalisasi garam geomembrane menjadi lebih cepat karena lapisan warna hitam pada geomembrane yang dapat mempermudah penyerapan panas. Warna hitam memang terbukti mampu menyerap gelombang cahaya dan tidak akan memantulkannya kembali. 

Dengan begitu, semua cahaya yang diterima akan terkumpul dan menciptakan panas internal pada area kolam atau tambak garam sehingga air laut menjadi lebih cepat menguap dan meninggalkan kristal garam.

  • Mencegah Pencemaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis geomembrane. Salah satu jenis geomembrane yang banyak digunakan di Indonesia yaitu geomembrane yang terbuat dari HDPE (High Density Polyethylene). 

Bahan satu ini memiliki daya tahan yang tinggi sehingga memungkinkan untuk menahan tanah atau dasar tambak. Dengan adanya lapisan geomembrane inilah, tanah tidak akan merembes dan bercampur dengan air laut yang nantinya akan diolah menjadi garam.

Teknik ini dinilai sangat berpengaruh pada hasil garam yang dipanen karena terbebas dari pencemaran. Semakin bersih air laut yang diolah, maka semakin baik pula kualitas garam yang dihasilkan.

  • Meningkatkan Produktivitas

Garam memang dikenal sebagai partikel yang mudah menyerap dan menyatu dengan partikel tanah. Dengan menggunakan geomembrane sebagai alas pada tambak garam, maka dapat membantu mencegah terikatnya kristal garam terhadap dasar tambak. 

Penggunaan geomembrane akan membuat proses pemanenan garam menjadi lebih mudah, efektif, dan cepat. Selain itu, garam yang dihasilkan dari penggunaan geomembrane juga menjadi lebih banyak dibandingkan tambak garam konvensional yang tidak menggunakan alas geomembrane

Fungsi atau Kegunaan Geomembrane

Selain untuk alas tambak garam, geomembrane juga sering digunakan untuk beberapa proyek pembangunan dan industri. Berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan dari geomembrane

  • Sebagai lapisan untuk kolam pengolahan air limbah. 
  • Untuk mencegah rembesan air pada kolam limbah sawit.
  • Untuk stabilisasi tanah ekspansif (terbuka) pada jalan. 
  • Digunakan untuk tempat pembuangan sampah akhir (TPA) baik untuk lapisan penutup, lapisan bawah, pencegah kebocoran tangki, pembungkus tangki bahan bakar, dan pendeteksi kebocoran. 
  • Digunakan untuk pelindung air tanah dari zat yang bisa mengkontaminasi seperti cairan kimia, bahan bakar, dan limbah B3. 
  • Sebagai pelapis anti air (kedap) pada konstruksi embung air baku, bendungan, bendung alam, dam, kolam ikan, kolam udang, dan lain sebagainya.

Garam geomembrane adalah jenis garam yang memiliki tekstur kasar dengan kandungan garam atau NaCl yang lebih baik dibandingkan garam krosok. Dengan penggunaan geomembrane, produktivitas garam yang dihasilkan menjadi meningkat dan memiliki kualitas yang lebih baik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X