manfaat-garam-krosok-untuk-kesehatan

Manfaat Garam Krosok Untuk Kesehatan

Apapun jenis masakannya, kurang sedap rasanya jika tidak menggunakan tambahan garam. Jenis garam yang beredar di pasaran sangat beragam, salah satunya yaitu garam krosok. Meski bentuknya kurang menarik dan cenderung kasar, namun manfaat garam krosok untuk kesehatan cukup banyak.

Hasil penelitian menunjukkan, konsumsi garam setiap hari dalam kadar yang cukup bisa memperbaiki metabolisme tubuh sehingga kondisi badan selalu fit. Selain memiliki segudang manfaat, harga dari garam krosok pun lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya seperti garam halus.

Mengenal Kandungan Mineral Garam Krosok

Garam yang teksturnya menyerupai padatan kristal kasar ini didapatkan langsung dari penguapan air laut. Metode kristalisasi air laut ini sering digunakan oleh para petani garam untuk mendapatkan garam krosok dengan jumlah yang banyak.

Hasil dari kristalisasi tersebut selanjutnya langsung dijual dalam bentuk kiloan. Itulah mengapa warna dari garam krosok cenderung kotor karena tidak melalui proses pengolahan lebih lanjut. Karena kondisinya yang kurang bersih inilah yang membuat konsumen enggan menggunakannya untuk masakan.
Hampir sama dengan garam halus, garam krosok juga kaya ada kandungan mineral. Misalnya saja seperti NaCl dengan kadar mencapai 85%, kalsium sulfat, magnesium sulfat, dan zat pengotor lainnya.

Karena kadar NaCl dalam kandungan garam krosok tidak tinggi, maka kualitas dari garam ini bisa dikatakan lebih rendah dibandingkan dengan garam halus yang memiliki kandungan NaCl diatas 90%. Meski begitu, Anda tetap bisa mengkonsumsi garam krosok untuk kebutuhan masakan sehari-hari.

Saat ini pun sudah banyak petani garam krosok yang melakukan pengolahan lebih lanjut agar warnanya lebih bersih dan mudah dikemas. Penjualan garam krosok pun tak hanya di pasar tradisional saja, tetapi juga sudah merambah ke pasar modern seperti supermarket dengan kemasan yang lebih menarik.

10 Manfaat Garam Krosok untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai konsumen, Anda diberi kebebasan untuk memilih jenis garam yang akan dikonsumsi. Entah itu garam halus maupun krosok. Keduanya sama-sama memberikan rasa asin pada makanan. Khusus untuk garam krosok, ada beberapa manfaat yang harus Anda ketahui. Diantaranya:

1. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Gangguan kesehatan berupa tekanan darah rendah, hampir dialami oleh sebagian besar wanita di dunia. Gejalanya bisa beragam, mulai dari pusing, mual, hingga pingsan. Kondisi ini disebabkan karena kadar natrium dalam tubuh terlalu rendah akibat kurang mengkonsumsi garam.

Untuk mencegah penurunan tekanan darah, salah satu solusinya yaitu mengkonsumsi garam dengan kadar yang cukup yaitu 2.000 miligram per hari. Dengan begitu kebutuhan akan natrium bisa terpenuhi dan kondisi tekanan darah dapat kembali normal.

2. Mencegah Penyakit Gondok

Selain natrium dan klorin, garam krosok juga kaya akan kandungan yodium. Mineral ini sangat diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk terus menghasilkan hormon tiroid. Jika tubuh kekurangan yodium, maka kelenjar tiroid akan mengalami pembengkakan dan timbul benjolan disekitar leher.

Oleh karena itu, konsumsi garam beryodium sangat dianjurkan karena bisa mencegah penyakit gondok. Tak hanya itu, yodium juga berperan penting dalam pembentukan hormon tiroid pada anak-anak agar perkembangan fisik dan otak bisa lebih optimal.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat garam krosok untuk kesehatan yang banyak diterapkan oleh masyarakat yaitu membantu memelihara kebersihan mulut. Infeksi bakteri dan virus pada mulut bisa terjadi kapan saja. Jika tidak segera diatasi, akan berdampak buruk bagi kesehatan gusi dan gigi.

Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan berkumur menggunakan air garam. Selain bisa membersihkan area sekitar mulut, cara ini juga ampuh meredakan peradangan dan sakit gigi.

4. Mencegah IQ Rendah

Pemerintah gencar mengkampanyekan pemakaian garam beryodium untuk mencegah IQ rendah pada anak-anak. Usia 3 hingga 5 tahun merupakan periode emas pertumbuhan anak-anak. Sebab itulah kebutuhan akan yodium harus terpenuhi agar tidak berdampak buruk pada kecerdasan anak.

Jenis garam yang dikonsumsi bisa berupa garam krosok maupun halus. Keduanya sama-sama memiliki kandungan yodium dan aman dikonsumsi oleh anak-anak.

5. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Dehidrasi bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan dan keseimbangan elektrolit terganggu. Terlebih bagi Anda yang bekerja di luar ruangan, sangat penting untuk memperhatikan hidrasi tubuh agar kondisi badan bisa selalu prima.

Kandungan natrium pada garam krosok bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga kondisinya bisa tetap terhidrasi. Bila keseimbangan cairan terjaga, maka kerja dari organ tubuh akan berjalan lebih baik.

6. Melancarkan Metabolisme

Sistem metabolisme yang lancar menjadi salah satu indikasi tubuh yang sehat. Dengan mengkonsumsi garam setiap hari, maka kebutuhan akan mineral natrium dan klorin bagi tubuh akan terpenuhi.

Dengan begitu peredaran darah akan lancar dan kerja beberapa organ vital akan lebih ringan. Manfaat garam krosok untuk kesehatan yang satu ini sangat mudah diterapkan. Caranya dengan menambahkan garam secukupnya ke dalam masakan agar lebih lezat dan sehat.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kerja sistem saraf merupakan salah satu fungsi terpenting dalam tubuh. Jika sistem saraf mengalami hambatan, maka kerja otot tidak akan maksimal. Ini disebabkan karena sinyal listrik yang dikirimkan oleh sistem saraf pusat tidak bisa diterima oleh otot.

Permasalahan pada sistem saraf ini biasanya disebabkan oleh kebutuhan natrium bagi tubuh yang tidak terpenuhi. Selain menghambat kerja sistem saraf, keseimbangan elektrolit pun menjadi terganggu.

Asupan natrium bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sudah ditambahkan oleh garam. Kandungan natrium pada garam krosok bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan natrium sehingga kesehatan sistem saraf lebih terjaga.

8. Mencegah Hiponatremia

Selain bisa menyedapkan masakan, manfaat garam untuk pengobatan juga cukup banyak. Misalnya seperti mencegah terjadinya Hiponatremia. Kelainan pada tubuh ini disebabkan karena kurangnya kadar garam pada cairan tubuh atau dikenal dengan istilah intoksikasi air.

Dampak lebih lanjut dari gejala kurang asupan garam ini adalah terjadi pembengkakan di beberapa organ tubuh seperti leher. Karena itu sangat penting untuk mengkonsumsi garam dalam kadar cukup supaya jumlah cairan dalam tubuh lebih seimbang.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat garam krosok untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya yaitu menjaga kesehatan pencernaan. Bila tubuh kekurangan asupan garam, maka kerja sistem pencernaan akan terganggu. Hal ini disebabkan karena tubuh tak dapat memproduksi HCl dalam jumlah yang cukup.

Masalah pencernaan ini akan lebih parah jika Anda memiliki penyakit bawaan misalnya seperti asam lambung. Konsumsi garam setiap hari bisa menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah meningkatnya kadar asam lambung sehingga kondisi perut terasa lebih nyaman.

10. Mengatasi Gejala Kistik Fibrosis

Gejala Kistik Fibrosis memang hanya dirasakan oleh beberapa orang saja. Indikasi dari gejala ini berupa kandungan garam berlebih pada keringat sehingga penderita Kistik Fibrosis memerlukan asupan air dan garam dalam jumlah banyak.

Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah garam yang diperlukan oleh tubuh. Dengan begitu tubuh bisa terhindar dari dehidrasi dan metabolisme bisa tetap terjaga.

Dengan mengetahui manfaat garam krosok untuk kesehatan seperti yang sudah disebutkan diatas, maka Anda harus memperhatikan betul asupan garam setiap harinya. Konsumsi garam yang disarankan tidak boleh melebihi ataupun kurang dari satu sendok teh per hari agar kondisi badan bisa tetap sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X