Lakukan Hal Ini untuk Membuat Kemasan Garam Terlihat Menarik

Kemasan yang menarik merupakan salah satu unsur terpenting dari sebuah produk, termasuk salah satunya dalam kemasan garam. Hal itu dikarenakan kemasan menjadi fokus utama konsumen terhadap produk yang ada di dalamnya.

Dalam dunia bisnis, pepatah mengenai jangan melihat sesuatu dari luarnya menjadi suatu hal yang tidak relevan karena kemasan justru dibuat sebaik mungkin agar konsumen lebih tertarik.

Apa itu Kemasan Garam?

Kemasan untuk garam merupakan salah satu media yang digunakan untuk melindungi garam saat diperdagangkan agar tetap terjamin mutu dan kualitas isinya. dalam hal ini, kemasan sangat penting untuk diperhatikan, baik itu dari bahan yang digunakan maupun bentuknya.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pengemasan garam ialah tingkat keamanan bahan kemasan yang digunakan. Hal ini bertujuan agar isi di dalamnya tidak mudah rusak, berkurang ataupun terkontaminasi dengan bahan atau zat lain yang berbahaya.

Selain itu, terdapat pula unsur penting dalam kemasan yang tidak kalah pentingnya yakni keindahan atau estetika. Semakin menarik kemasan dibuat, maka semakin tertarik pula konsumen untuk membeli dan mencobanya.

Bagaimana Cara Membuat Kemasan Garam Terlihat Lebih Menarik?

Sebagai seorang produsen ataupun distributor garam, Anda harus benar-benar memperhatikan kemasan produk yang nantinya akan digunakan. Pastikan kemasan tersebut memenuhi kriteria keamanan dan berhasil mencuri perhatian konsumen.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan membuat model kemasan dengan konsep, desain dan sistem pengemasan modern yang kerap digunakan dalam pengemasan makanan ataupun minuman saat ini.

Seiring berjalannya waktu, pengemasan modern menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, mengingat pengemasan manual kini sudah mulai bergeser dan tidak lagi bisa bersaing dengan perkembangan pasar.

Berikut ialah beberapa poin-poin penting yang bisa Anda perhatikan agar kemasan garam terlihat lebih menarik:

  1. Desain Kemasan Simpel dan Elegan

Poin pertama yang bisa Anda perhatikan agar kemasan terlihat lebih menarik ialah membuatnya dengan desain yang simpel dan elegan.

Dalam hal ini, perpaduan desain berupa pemilihan warna, font dan ilustrasi yang digunakan sangatlah dibutuhkan karena desain yang terlalu rumit justru akan memberikan efek berlebihan.

  1. Warna yang Cerah

Penggunaan warna-warna cerah dinilai lebih menarik perhatian dibandingkan warna gelap. Terlebih dalam kemasan produk yang memiliki segmen pasar untuk anak-anak ataupun usia remaja.

Dalam penentuan warna kemasan, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu dengan cara membandingkan dengan kemasan kompetitor atau produk yang sejenis.

Pahami apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk tersebut dari segi warna kemasannya.

  1. Ilustrasi yang Menarik

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ialah menggunakan ilustrasi atau gambar yang menarik dalam kemasan. Hal ini dikarenakan unsur visual merupakan hal yang mudah untuk diingat dan disimpan dalam otak.

Melalui ilustrasi yang menarik, maka konsumen akan terus melihat produk yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda bisa memilih jenis ilustrasi yang sekiranya sesuai dengan jenis produk yang diperdagangkan.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan ilustrasi berupa gambar dari nama brand atau merek yang diusung seperti misalnya garam cap kapal layar, maka bisa digunakan ilustrasi berupa gambar kapal layar.

  1. Cantumkan Legalitas dari Pemerintah

Mencantumkan legalitas atau label halal dalam kemasan kini menjadi suatu hal yang sangat penting mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Selain legalitas dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), nomor pendaftaran yang tertera dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menjadi aspek legalitas yang harus diperhatikan dalam desain pengemasan garam.

  1. Cantumkan Informasi Produk Secara Lengkap

Mencantumkan informasi produk secara lengkap berupa komposisi, manfaat, kegunaan ataupun saran penyajian merupakan hal yang tidak boleh terlewat dalam kemasan makanan.

Selain itu, Anda juga harus mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa produk tersebut agar konsumen bisa memperkirakan batas penggunaan bahan tersebut.

Bahkan, jika diperlukan Anda juga bisa menambahkan peringatan khusus ataupun hal yang harus diperhatikan seperti misalnya cara penyimpanan agar produk tersebut tidak mudah rusak atau terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya.

Itulah 5 poin penting yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan desain pengemasan garam agar terlihat lebih menarik dan unik dibandingkan kemasan produk kompetitor yang sejenis.

Apa Fungsi dari Desain Kemasan Garam?

Setelah memahami mengenai poin-poin penting yang harus ada dalam suatu kemasan produk, maka tidak kalah pentingnya untuk Anda pahami juga terkait fungsi dari desain kemasan produk. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui desain kemasan yang unik dan menarik, maka kualitas produk akan semakin dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Hal ini dikarenakan unsur visual berupa sesuatu yang terlihat akan lebih mudah diingat.

  1. Membantu Pemasaran

Selain mampu menarik perhatian konsumen, desain kemasan yang menarik juga dapat membantu kelancaran proses pemasaran.
Adanya informasi yang termuat dalam kemasan seperti merek, jenis produk, label, kandungan gizi ataupun informasi lainnya bisa mempermudah distributor ataupun penjual dalam memasarkan produk yang Anda miliki,

  1. Menjaga Kualitas Produk

Fungsi terakhir dari kemasan yakni mampu melindungi produk dari kerusakan, baik itu akibat cuaca ataupun hal-hal lain secara tidak sengaja. Dengan kemasan yang aman, maka produk akan lebih awet dan tetap terjamin mutu serta kualitasnya.

Apa Saja Faktor Pertimbangan dalam Desain Kemasan Produk Garam?

Tidak hanya fungsi kemasan, terdapat pula hal-hal yang tidak kalah pentingnya dan harus dipertimbangkan ketika membuat desain kemasan produk. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  1. Faktor Keamanan

Faktor keamanan menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam pengemasan garam.

Hal ini dikarenakan garam bisa rusak atau berkurang kualitasnya dalam kondisi-kondisi tertentu seperti misalnya tergenang air ataupun terkena benturan yang keras.

Jenis bahan kemasan yang digunakan juga harus bisa melindungi produk dari segala kemungkinan terburuk yang sekiranya terjadi. Itu sebabnya, tidak heran jika sejauh garam banyak dikemas menggunakan kemasan berbahan plastik tebal.

  1. Faktor Ekonomi

Selain keamanan , faktor ekonomi berupa pemilihan jenis bahan juga harus Anda perhatikan. Pastikan harga dan biaya produksi tetap efektif sehingga tidak melebihi proporsi manfaatnya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan faktor distribusi, baik itu dari produsen ke distributor ataupun dari pengecer ke konsumen. Pastikan jenis dan desain kemasan garam yang digunakan mudah untuk dibawa dan dipindahkan.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni penggunaan kemasan produk yang ramah lingkungan berupa jenis bahan yang dapat didaur ulang atau (recyclable) atau dapat dipakai kembali (reusable).

Demikianlah informasi penting terkait cara membuat kemasan garam terlihat lebih unik dan menarik lengkap dengan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Beberapa poin penting di atas bisa Anda terapkan salah satunya dengan cara mempercayakan desain kemasan pada jasa desain profesional yang kini telah hadir dengan bantuan teknologi modern dalam proses pengerjaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan FREE Sample untuk pembelian pertama. Hubungi kami disini

X